PENERAPAN MODEL OPTIMALISASI RUANG TERBUKA HIJAU PRIVAT DI KAMPUNG KB MAWAR, KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Hidayati Fatchur Rochmah Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.37306/kkb.v3i2.15

Keywords:

Prespektif, Kemiskinan, Pemberdayaan Kemitraan

Abstract

Pada penulisan ini, penulis mengemukakan perlunya optimalisasi RTHP untuk memenuhi beberapa kebutuhan dasar penghuninya. Optimalisasi RTHP pada penelitian ini diterapkan di Kampung KB Mawar untuk mendapatkan hasil terbaik pemanfaatan RTHP. Salah satu kriteria penetapan kriteria kampung KB adalah tingkat kepadatan penduduk, yaitu wilayah padat. Hal ini yang menjadi hal menarik untuk kajian RTHP, mengingat kepadatan penduduk merupakan salah satu hal yang mengakibatkan pergesaran atau penyempitan RTH. Populasi dalam penelitian adalah keluarga yang tinggal di lokasi Kampung KB Mawar. Sampel adalah sebagian dari individu (20 keluarga) dari populasi yang diteliti. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis tanaman yang dibudidayakan pada RTHP Kampung KB Mawar meliputi tanaman sayuran semusim, bumbu dan obat serta tanaman buah. Berdasarkan data sekunder yang diperoleh, Desa Rancabungur termasuk daerah padat penduduk, dengan 73% penduduknya termasuk dalam kisaran usia produktif. Masyarakat Kampung KB Mawar memiliki pendapatan yang rendah dibawah UMK dan pada umumnya membeli bahan pangan untuk dikonsumsi sehari-hari. Optimalisasi RTHP mampu di Kampung KB Mawar mampu memberikan manfaat jasa penyediaan, pengaturan, pendukung serta jasa kultural

References

[FAO] Food and Agriculture Organization. 1998. Technical Manual: Popular Hydroponic Gardens. United Nation. Chile.

[FAO] Food and Agriculture Organization. 2014. Small-scale Aquaponic Food Production Integrated Fish and Plan Farming. United Nation. Rome.

Peraturan Menteri PU No : 05/PRT/M/2008, 2008. Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, Jakarta: Kementerian PU.

Son J E, Kim H J dan Ahn T I. 2016. Hydroponic system. Ed.Kozai T, Niu G dan Takagaki M. Plant Factory An Indood Vertical Farming System for Efficient Quality Food Production. Elsevier. London.

Sulihanti S. 2013. Manfaat Pekarangan Sebagai Sumber Pangan dan Gizi. Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanaan Pangan. Jakarta

Downloads

Published

18-11-2019