ANALISIS PROSES PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT AWAL BROS BATAM TAHUN 2010

Authors

  • Widya Putri STIKes Awal Bros Batam
  • Suprijanto Rijadi STIKes Awal Bros Batam
  • Kurnia Sari STIKes Awal Bros Batam

DOI:

https://doi.org/10.37306/kkb.v4i2.21

Keywords:

rawat jalan, waktu tunggu

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah jumlah pasien yang membatalkan rawat jalan di Rumah Sakit Awal Bros Batam yang mungkin disebabkan oleh masa tunggu yang lama, angkanya berkisar dari 4% bulan dari total kunjungan. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kualitas layanan dan penghancuran kinerja rumah sakit. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mencari informasi dan mengetahui penyebab pasien lama menunggu dengan melakukan penelitian di sub-unit yang relevan di unit rawat jalan pengamatan langsung , wawancara mendalam dan tinjauan dokumen. Berdasarkan hasil, sub-unit yang berkontribusi besar terhadap lama menunggu pasien adalah subunit Rekam Medis selama proses file persiapan file Rekam Medis dan dalam penelitian ini, terlalu banyak waktu setiap proses melalui mana pasien sehingga dapat digunakan sebagai pedoman untuk standar waktu perawatan pasien Rumah Sakit Awal Bros Batam. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa sebagai unit Rawat Jalan yang terdiri dari sub-unit sub unit, diperlukan prosedur operasi standar yang menetapkan keseluruhan sebagai satu unit untuk layanan di Rumah Sakit, sehingga memudahkan koordinasi dan evaluasi layanan.

References

Aditama, Tjandra Yoga. (2004). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UI Press.

Frederick, W. J. (1994). The AUPHA Manual of Health Services Management, Robert J.Taylor, MHA, FACHE, Susan B.Taylor. Maryland: Aspen Publisher, Inc.Gaithersburg.

Hafizurrachman. (2008). A to Z Risk Management. Jakarta: Bahan Kuliah Manajemen Risiko FKM UI .

Kaluzny, A., & Shortell, S. (2006). Health Care Management : Organizational Design and Behavior. USA: Thomson Delmar Learning.

Leonard L.Berry,Kent D.Seltman. (2008). Inside one of the World’s Most Admired service Organizations. USA: management Lessons from Mayo Clinic.

Notoatmodjo, S. (2002). Metodologi Penelitian kesehatan. Jakarta: Rineke Cipta.

Rakich S Jonathan Darr, Kurt ns. (1992). Managing Health Service Organizations. Baltimore, Maryland: Health Profession Press .

Rijadi,Suprijanto. (2010). ,Pengantar Kuliah Clinical Governence. Bandung: Tadika.

Sabriana. (2008). Tim Mutu Berusaha Menurunkan Waktu Tunggu Pasien. Bekasi: www.lpmak.org.

Samsi, J. (2000). Rumah Sakit Indonesia dalam Dinamika Sejarah, Transformasi, Globalisasi dan Krisis Nasional, Kumpulan Tulisan terpilih, Jakarta: Yayasan Penerbitan IDI.

Soegiyono. (2008). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Stephen M.Shortel, Arnold D Kaluzn.(2006). Health Care Management, Organisation Design and Behavior. USA: Thomson Delmar Learning, 5th Edition.

Taylor, R. (1994). The Aupha Manual of Health Services Management .Gaitherburg, Maryland: Aspen Publisher,Inc.

Downloads

Published

01-12-2019